Rabu, 25 Mei 2016

Tata Cara Wudhu

WUDHU

Tata Cara Wudhu
Menurut Tuntunan Muhammadiyah
 Membaca basmalah pada 
   permulaan wudhu, sesuai dengan 
   hadis dari an-Nasa’i :
   Tawadha’uu- bismillah dengan 
   niat yang ikhlas semata mata 
   karena Allah SWT.
 Membersihkan kedua telapak 
   tangan sebanyak tiga kali, 
   hendaknya pada cela-cela jari 
   tangan dibersihkan sebersih 
   mungkin. 
   [lihat HPT hadis ke 3 bab wudhu]
 Menggosok gigi dengan kayu arok
   atau sejenisnya.
   Berdasarkan hadis :
   ”kalau aku tidak khawatir akan 
   menyusahkan umatku, niscaya 
   aku perintahkan kepada mereka 
   bersiwak (menggosok gigi) pada 
   tiap wudhu”. ( H.R. Malik, Ahmad 
   dan an-Nasa’i).
   [lihat HPT hadis ke 4 bab wudhu]
 Mengambil air dengan tangan 
   kanan, lalu dimasukkan dalam 
   mulut (berkumur-kumur atau
   madmadho) dan dimasukkan 
   dalam hidung (istinsyaq) 
   sekaligus–melalui satu cidukan. 
   Kemudian air tsbt dikeluarkan/
   menyemburkanya kembali
   (istintsar) dengan tangan kiri, 
   yg masing-masing dilakukan 3x
   Hal tersebut dilakukan kecuali 
   ketika berpuasa. 
   [lihat HPT hadis ke 5 dan 6 bab 
   wudhu]
 Membasuh muka tiga kali dengan
   mengusap dua sudut mata, 
   menggosok dan melebihkan 
   dalam membasuhnya serta 
   menyela-nyelai janggut. 
   [lihat HPT hadis ke 7, 8, 9, 10 dan 
   11]
 Membasuh kedua tangan sampai 
   kedua siku dengan digosok tiga 
   kali sambil menyelai jari-jari 
   tangan dengan melebihkan dalam
   membasuh keduanya serta 
   memulai dengan tangan sebelah 
   kanan 
   [lihat HPT hadis ke 11, 12, 13, 14, 
   15, bab wudhu]
 Mengusap ubun-ubun dan bagian 
   atas sorban [mengusap kepala] 
   dgn menjalankan kedua telapak 
   tangan dari ujung muka kepala 
   hingga tengkuk dan dikembalikan 
   lagi pada permulaan kemudian 
   mengusap kedua telinga sebelah 
   luar dengan dua ibu jari dan 
   sebelah dalam dengan kedua 
   telunjuk
   [Lihat HPT hadis ke 16, 17, 18, 19 
   bab wudhu]
 Membasuh kedua kaki beserta 
   mata kaki dengan melebihkan 
   dalam membasuh keduanya, 
   memulai dari yang kanan dan 
   menyempurnakan dalam 
   membasuhnya.
   [Lihat HPT hadis ke 20, 21, 22
   bab wudhu]
 Berdoa setelah berwudhu :

ﺃﺃََﺷْﻬَﺪُ ﺃَﻥْ ﻻَ ﺇِﻟﻪَ ﺇِﻻَّ ﺍﻟﻠّﻪُ ﻭَﺣْﺪَﻩُ ﻻَ ﺷَﺮِﻳْﻚَ ﻟَﻪُ 
ﻭَﺃَﺷْﻬَﺪُ ﺃَﻥَّ ﻣُﺤَﻤَّﺪﺍً ﻋَﺒْﺪُﻩُ ﻭَﺭَﺳُﻮْﻟُﻪُ

  Asyhadualla ilaha illAllah wahdahu
  laa syarikalah wa asyhadu anna 
  muhammadan ’abduhu
  wa rasuuluhu
  Artinya :
  “Aku bersaksi bahwa tidak ada 
  Tuhan selain Allah Yang Esa, tiada 
  sekutu baginya dan aku bersaksi 
  bahwa Muhammad adalah hamba
  dan Rasul-Nya”. (HR. Muslim)

Berikut catatan penting yang perlu diperhatikan dalam tata cara wudhu di atas.

-- Niat Cukup dalam Hati
   Yang dimaksud niat adalah al 
   qosd (keinginan) dan al irodah
   (kehendak).
   Sedangkan yang namanya 
   keinginan dan kehendak pastilah 
   dalam hati, sehingga niat pun 
   letaknya dalam hati.

   Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah –
   rahimahullah–mengatakan, 
   “Letak niat adalah di hati bukan
   di lisan. 
   Ibnul Qayim–rahimahullah– 
   mengatakan, “Nabishallallahu 
   ‘alaihi wa sallam–di awal wudhu–
   tidak pernah mengucapkan 
   “nawaitu rof’al hadatsi (aku 
   berniat untuk menghilangkan 
   hadats …)”. Beliau pun tidak 
   menganjurkannya. Begitu pula 
   tidak ada seorang sahabat pun 
   yang mengajarkannya. 
   Tidak pula terdapat satu riwayat–
   baik dengan sanad yang shahih 
   maupun dho’if (lemah) yang 
   menyebutkan bahwa beliau 
   mengucapkan bacaan tadi.”

-- Berkumur-kumur dan 
   Memasukkan Air dalam Hidung 
   Dilakukan Sekaligus Melalui Satu 
   Cidukan Tangan

   Ibnul  Qayyim menyebutkan,
   “Ketika berkumur-kumur dan 
   memasukkan air dalam hidung 
   (istinsyaq), terkadang 
   Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam 
   menggunakan satu cidukan 
   tangan, terkadang dengan dua 
   kali cidukan dan terkadang pula 
   dengan tiga kali cidukan. 
   Namun beliau menyambungkan 
   (tidak memisah) antara kumur-
   kumur dan istinsyaq.
   Beliau menggunakan separuh 
   cidukan tangan untuk mulut dan 
   separuhnya lagi untuk hidung. 
   Tidak ada satu hadits shahih pun 
   yang menyatakan bahwa kumur-
   kumur dan istinsyaq dipisah. 

-- Membasuh Kepala Cukup Sekali

   Ibnul Qayyim menjelaskan,
   “Nabi shallallahu ‘alaihi wa 
   sallam biasa membasuh 
   kepalanya seluruh dan terkadang 
   beliau membasuh ke depan 
   kemudian ke belakang.
   Sehingga dari sini sebagian orang
   mengatakan bahwa membasuh 
   kepala itu dua kali. Akan tetapi 
   yang tepat adalah membasuh 
   kepala cukup sekali (tanpa 
   diulang). 
   Untuk anggota wudhu lain biasa 
   diulang. Namun untuk kepala, 
   cukup dibasuh sekali. 

-- Kepala Sekaligus Diusap dengan 
   Telinga

   Telinga hendaknya diusap 
   berbarengan setelah kepala 
   karena telinga adalah bagian dari 
   kepala. 
   Sebagaimana Nabi shallallahu 
   ‘alaihi wa sallam bersabda,

   الأُذُنَانِ مِنَ الرَّأْسِ

   “Dua telinga adalah bagian dari 
   kepala.” 
   Hadits ini adalah hadits yang 
   lemah jika marfu’ (dianggap 
   ucapan Nabi shallallahu ‘alaihi 
   wa sallam). 
   Akan tetapi hadits di atas 
   dikatakan oleh beberapa ulama 
   salaf di antaranya adalah Ibnu 
   ‘Umar.
   Ash Shon’ani menjelaskan,
   ”Walaupun sanad hadits ini 
   dikritik, akan tetapi ada berbagai 
   riwayat yang menguatkan satu 
   sama lain.

-- Seluruh Kepala Dibasuh, Bukan 
   Hanya Ubun-Ubun Saja

   Allah Ta’ala berfirman,

وَامْسَحُوا بِرُءُوسِكُمْ

   “Dan basuhlah kepala 
   kalian.” (QS. Al Maidah: 6)

   Begitu pula terdapat dalam hadits
   lain dijelaskan bahwa membasuh 
   kepala adalah seluruhnya dan 
   bukan sebagian. 

   Dalilnya,
عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ زَيْدٍ قَالَ أَتَى رَسُولُ اللَّهِ – صلى الله عليه وسلم – فَأَخْرَجْنَا لَهُ مَاءً فِى تَوْرٍ مِنْ صُفْرٍ فَتَوَضَّأَ ، فَغَسَلَ وَجْهَهُ ثَلاَثًا وَيَدَيْهِ مَرَّتَيْنِ مَرَّتَيْنِ ، وَمَسَحَ بِرَأْسِهِ فَأَقْبَلَ بِهِ وَأَدْبَرَ ، وَغَسَلَ رِجْلَيْهِ

   Dari ‘Abdullah bin Zaid, ia berkata,
   “Rasulullahshallallahu ‘alaihi wa 
   sallam datang, lalu kami 
   mengeluarkan untuknya air dalam
   bejana dari kuningan, kemudian 
   akhirnya beliau berwudhu. 
   Beliau mengusap wajahnya tiga 
   kali, mengusap tangannya dua 
   kali dan membasuh kepalanya, 
   dia menarik ke depan kemudian 
   ditarik ke belakang, kemudian 
   terakhir beliau mengusap kedua 
   kakinya.

   Sedangkan untuk wanita 
   muslimah tata cara membasuh 
   kepala tidak dibedakan dengan 
   pria. Akan tetapi, boleh bagi 
   wanita untuk membasuh 
   khimarnya saja.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Belajarlah ketenangan, kehormatan diri dan bersikaplah rendah hati kepada yg mengajar kamu.